Sabtu, 10 Februari 2018

Tutorial PHP 6: Koneksi Database


Assalamuallaikum Wr. Wb.,
Apa kabar nih sob? Masih semangat kan? Di tutorial ke-6 ini kita bakalan ngebahas tentang bagaimana menghubungkan aplikasi PHP yang telah kita rangang/bangun dengan database sob. Nah sebelum mengkonfigurasikan aplikasi web PHP kita dengan database sobat harus terlebih dahulu mengetahui konsep dasar dan juga perancangan dasar dari suatu database. Dalam merancang suatu database haruslah minim dari sifat redundant dengan cara mengoptimalkan tingkat kenormalannya dengan menggunakan teknik/cara normalisasi. Bagi sobat yang ingin mendalami bagaimana cara merancang data base yang baik dan benar sobat bisa mendalaminya pada website Bapak Dr. Jefri Marzal, M.Sc., D.I.T (http://jefrimarzal.staff.unja.ac.id/pengajaran/basis-data-1/basis-data-1/).
Setelah sobat berhasil merancang database, tahapan yang selanjutnya dilakukan adalah menghubungkan aplikasi web PHP yang telah kita buat dengan database (yang telah dirancang sebelumnya). Adapun teknik ataupun cara mengkoneksikannya yakni sebagai berikut:
“mysqli_connect(server, username, password, nama_database)”
Sebagai contoh:
<?php
    $sever = "localhost";
    $user  = "root";
    $sandi = "";
    $dbku  = "database_buku";
    $db    = mysqli_connect($sever, $user, $sandi, $dbku);
?>
Yups.. mudah sekali bukan cara mengkoneksikannya?
Untuk tutorial ke-6 ini, Ahmad rasa cukup ya sob.. Pesan dari Ahmad:
  1. Silahkan sobat implementasikan apa yang sudah dipelajari dari tutorial 1 s.d. tutorial 6; serta
  2. Untuk membuat aplikasi yang baik, sobat sebaiknya merancang database yang baik pula (dengan meminimalisir redudandant). Karena dalam hal ini Ahmad tidak menjelaskannya secara detail. Sobat dapat mempelajarinya di http://jefrimarzal.staff.unja.ac.id/pengajaran/basis-data-1/basis-data-1/.
Ahmad akhiri artikel kali ini.. Wassalamuallaikum Wr. Wb.


Tampilkan Panel EmoticonSembunyikan Panel Emoticon