Sabtu, 10 Februari 2018

Tutorial PHP 1 : Pengenalan PHP


Assalamuallaikum Wr. Wb.,
Selamat datang nih di artikel pertama Ahmad yang berjudul “Tutorial PHP 1 : Pengenalan Dasar PHP”. Dalam artikel pertama ini, Ahmad bakalan ngasih informasi mengenai “seperti apa sih PHP itu?”. Nah biar akrab nih.. Ahmad bakalan memanggil pembaca dengan panggilan ‘Sobat’. Okay sobat! Sudah siap belajar PHP pertama kali? Nah biar ilmunya berkah, mari berdoa dulu ya…
Sip.. udah berdoa kan.. Nah, untuk memulai pembelajaran PHP, hal yang sebaiknya sobat lakukan adalah memahami dan menguasai terlebih dahulu tentang penulisan kode HTML, CSS (opsional), dan JavaScript (opsional) kenapa? Karena PHP itu secara mudahnya adalah suatu logika biar web kita lebih dinamis., sehingga kita bisa memanipulasi HTML (khususnya request user).
Lah.. kalo biar dinamis kenapa gak make JavaScript aja? Jawabannya: bisa sih.. tapi tau gak kalau dengan PHP script logika kita gak bisa di lihat disisi client! Nah dengan begitu script logika kita jadi aman (biasanya kalau orang yang udah lama coding dan gak suka kalo codingannya dicopy/dicuri orang bakalan setuju nih sama hal ini.. haha). Nah sebelum memulai pengulasan bareng kita ini, Ahmad ada 3 aturan untuk sobat yang ingin belajar bareng Ahmad. Yakni:
  1. Jika sobat udah mulai pusing dan mual-mual, silahkan matikan hp/pc sobat dan istirahatlah;
  2. Jika sobat mulai ngerasa salah satu ‘tulisan’ diartikel Ahmad ada yang gak dipahamin, sillahkan kembali ke artikel sebelumnya; dan
  3. Jika sobat ngerasa ilmu ini bermanfaat, jangan lupa katakana Alhamdulillah (kagak perlu update sosmed okay :D).
Sip… langsung aja nih.. kita masuk ke materi kita..
“Ahmad,,, kalau belum paham sama sekali sama HTML, CSS dan JS gimana?”
Nah.. buat mengatasi hal tersebut Ahmad ada buku elektronik yang insyaAllah berkah kalau dipelajarin. Buku elektronik tersebut Ahmad peroleh dari pembelajaran "Pemrograman Web I" dengan Bapak Edi Saputra, S.T., M.Sc. di Universitas Jambi. Adapun buku tersebut dapat sobat download melalui panel navigasi 'Unduh' diatas, ataupun secara langsung dengan mengklik link ini. Jika sobat ada pertanyaan mengenai isi yang ada didalam buku elektronik tersebut sobat bisa langsung bertanya kepada beliau melalui kink http://edisaputra.staff.unja.ac.id/ ataupun dengan meninggalkan komentar dibawah (insyaAllah Ahmad jawab). Okay.,. balik lagi nih ke topik awal kita, yakni PHP. Sebenarnya PHP itu apa sih?
"PHP itu merupakan suatu bahasa pemrograman yang umumnya memiliki sifat menyatu dengan HTML, serta dijalankan disisi server. Hasil olahan bahasa pemrograman PHP tersebut akan dikirimkan oleh server ke klien (yang merequest) dalam bentuk HTML."
Ahmad, apasih ciri khusus dari PHP ?
"Ciri khusus dari PHP itu pada penulisan scriptnya akan diawali dengan kode <?php dan diakhiri dengan kode ?>."
Contoh dari penulisan kode PHP yakni sebagai berikut:
<?php
    echo "Serunya belajar PHP :D" ;
?>
Nah sebenarnya hanya itu konsep awal bagi sobat yang ingin mendalami pemrograman web PHP, kalau berbicara soal teorinya, sobat bisa lebih mendalami di kumpulan E-Book yang ada di blog Ahmad ini sobat.. Mudah aksesnya sih cukup klik link ini aja !. Buat bahan diskusi bareng.. apabila sobat punya teori dasar akan PHP bisa juga dishare pada kolom komentar di bawah...! biar ilmunya bisa jadi berkah,,, (Amin...). Ngomong-ngomong di pertemuan pertama kita ini, Ahmad rasa udah cukup dulu. sob.. dan sebagai oleh-oleh dari Ahmad, Ahmad kasih nih quote keren sob:
"Hidup itu seperti bersepeda. Kalau engkau ingin menjaga keseimbanganmu, maka kamu harus terus bergerak maju" (Albert Einstein).
Wassalamuallaikum Wr. Wb.

Ini adalah artikel terlawas

1 komentar so far


Tampilkan Panel EmoticonSembunyikan Panel Emoticon