Sabtu, 10 Februari 2018

Tutorial PHP 4: Form Control


Assalamuallaikum Wr. Wb.,
Masih dengan Ahmad Saparudin dalam hal mengulas pemrograman web PHP. Disini kita akan melanjutkan usalan kita yang sebelumnya (Algoritma pemrograman PHP), yang kali ini kita bakalan berfokus dengan form control. Sebelum memasuki materi kali ini, Ahmad mau mastikan bahwa sobat sudah bisa membuat form (penulisan dalam bentuk HTML) dan bisa menjawab pertanyaan berikut:
  1. Apakah perbedaan antara echo dan print?
  2. Kapankah digunakan if-else dan switch-case?
  3. Benar atau salah bahwa dalam pengulangan while atau do-while, suatu perulangan akan berhenti ketika kondisinya tidak lagi terpenuhi (salah). Jika benar cobalah utarakan alasannya? (boleh via komentar apabila berkenan atau cukup dalam benar sobat sekalian).
Gimana, sobat sudah bisa menjawab semua pertanyaan diatas? Jika belum sobat sebaiknya kembali lagi ke tutorial sebelumnya. Namun, jika sobat sudah dapat menjawab seluruh pertanyaan diatas. Sobat bisa langsung scroll kebawah buat ngulas materi “Form Control” bareng sama Ahmad. Okay.. sedikit mengingatkan, adapaun aturan belajar bersama Ahmad yakni:
  1. Jika sobat udah mulai pusing dan mual-mual, silahkan matikan hp/pc sobat dan istirahatlah;
  2. Jika sobat mulai ngerasa salah satu ‘tulisan’ diartikel Ahmad ada yang gak dipahamin, sillahkan kembali ke artikel sebelumnya; dan
  3. Jika sobat ngerasa ilmu ini bermanfaat, jangan lupa katakana Alhamdulillah (kagak perlu update sosmed okay :D).
 "Lupakan kebaikan yang sudah kamu lakukan, dan berpikirlah untuk melakukan kebaikan lainnya. Demikianlah salah satu ciri-ciri orang yang ikhlas. (Hohohihe, 2007)"
Sip… langsung aja nih.. kita masuk ke materi kita.. Pertama tama kita buat dulu nih kode HTMLnya.. biar mudah sobat bisa ketik ulang kode yang sudah Ahmad buat dibawah ini:
<html>
<head>
    <title>Ahmad belajar PHP</title>
</head>
<body>
    <h1>Contoh Form Control</h1>
    <form action=" " method=" ">
        <input type="text" name="username" placeholder="Masukkan Username">
        <input type="password" name="sandi" placeholder="Masukkan Sandi">
        <input type="submit" name="login" value="Login">
    </form>
</body>
</html>
Ingat sobat! Diketik ulang ya.. jangan dikopas.. kenapa jangan dikopas? Karena setelah Ahmad teliti, banyak banget person-person yang dikemudian hari kebingunan dengan apa yang pernah dia tulisanya. Beda halnya dengan orang yang mengetik ulang. Biasanya orang tersebut dapat mengingat atau bahkan mengembangkan apa yang sudah ditulisnya.
Setelah kode HTML tersebut sobat ketik, silahkan sobat simpan dalam format .php ataupun .html (biar menjadi kebiasaan yang baik, sobat simpan saja dalam bentuk .php dan masukkan kedalam direktori web pada server apache sobat. Kalau sobat menggunakan XAMPP biasanya direktori webnnya bernama htdocs, namun kalau sobat menggunakan Apache2 nama direktorinya adalah www).
Setelah file tersebut sobat simpan, sobat buat kembali file PHP dengan kode sebagai berikut:
<?php
 if(!empty($_POST)) {
     $user  = $_POST["username"];
     $sandi = $_POST["sandi"];
     echo "Selamat datang ".$user;
 };
?>
Kemudian, simpan kode diatas pada folder web service, serta ingatlah nama filenya (anggap saja FormControl.php). Pada file .HTML sobat, silahkan tambahkan lokasi dari FormControl.php tepat pada tag “action” dalam element <form>, serta “method”nya menjadi “POST”. Biar lebih mudah, silahkan sobat lihat contoh dibawah:
<html>
<head>
    <title>Ahmad belajar PHP</title>
</head>
<body>
    <h1>Contoh Form Control</h1>
    <form action="FormControl.php" method="POST">
        <input type="text" name="username" placeholder="Masukkan Username">
        <input type="password" name="sandi" placeholder="Masukkan Sandi">
        <input type="submit" name="login" value="Login">
    </form>
</body>
</html>
Untuk mencobanya, silahkan jalankan service apache sobat, dan kunjungi halaman .HTML sobat, kemudian inputkan username dan juga sandi. Maka akan muncul pesan “Selamat Datang _____”.
Ahmad, pada langkah sebelumnya kenapa methodnya menjadi “POST”? kenapa tidak yang lain? Dalam pemrograman WEB PHP, terdapat dua buah method yang sudah familiar (yakni POST dan GET). Terus kenapa dalam contoh ini menggunakan method POST?
Hal tersebut disebabkan karena data yang dikirimkan bersifat vital (password). Maka method yang digunakan sebaiknya adalah POST. Dengan menggunakan method POST, nilai/value yang dikirimkan ke server tidak akan ditampilkan pada AddressBar. Namun apabila kita menggunakan method GET, maka password dari user akan Nampak pada Address Bar. Oh gitu.. Terus anggap saja datanya tidak vital. Dan saya sebagai programmer ingin methodnya menjadi GET. Apakah terdapat perubahan pada kode PHPnya?
Jawabannya: tentu, namun perubahannya tidaklah banyak. Adapun hal-hal yang perlu diubah yakni sebagai berikut:
<?php
 if(!empty($_GET["username"])) {
     $user  = $_GET["username"];
     $sandi = $_GET["sandi"];
     echo "Selamat datang ".$user;
 };
?>
Gimana sobat? Sudah paham kan sekarang? Kalau sobat masih bingung dan ingin bertanya sobat bisa langsung tulis pertanyaan sobat pada form komentar dibawah, dan insyaAllah akan Ahmad jawab sob..  Sebelum Ahmad tutup, Ahmad mau ngasih info nih sob.. bahwa selain dari menggunakan $_POST dan $_GET, control form juga dapat dilakukan dengan menggunakan perintah $_REQUEST. Penasaran apa bedanya? kalo sobat penasaran sobat bisa "Download" materinya di halaman unduh melalui panel diatas sob. Okay... Untuk kali ini sudah dulu ya sob.. Sampai jumpa lagi..
Wassalamuallaikum Wr. Wb.


Tampilkan Panel EmoticonSembunyikan Panel Emoticon